Pertemuan 2 (Kegiatan Pendampingan dan Pengajaran)
Pertemuan 2 // Kegiatan Pendampingan dan Pengajaran // Character Building: Pancasila // Binus University
Hari, tanggal : Senin, 16 Oktober 2017
Tempat : TK Tarsisius 2
Waktu : 08.00 – 10.00
Pertemuan : 2
Topik : Buah - buahan
Anggota Kelompok yang Hadir:
a. Riko Edhi Prasetya (2101652510)
b. Andry Gunawan (2101649371)
c. William (2101647864)
d. Muhammad Ridwan (2101654182)
e. Braja Tannady (2101649592)
f. Jonathan Russell Chan (2101647536)
g. Muhammad Rafi Karim (2101647082)
h. Afa Ahmad Yunus (2101646685)
Pada Hari Senin, 16 Oktober 2017 kami melakukan pertemuan kedua Final Project CB kami di TK Tarsisius 2. Pertmaun kedua ini merupakan kegiatan mengajar pertama kami di TK Tarsisius 2.
Kami berkumpul di Binus Anggrek pada pukul 07.30 untuk persiapan. Pertama kami melakukan pembagian kelompok kecil untuk mengajar di kelas TK-B dan kelas KB setelah itu kami berangkat menuju TK Tarsisius 2. Sesampainya di TK Tarsisius 2, kami langsung menuju kelas berdasarkan kelompok kecil beranggotakan 4 orang yang telah kita bagi. Braja, Ridwan, Riko, dan raffi mengajar di kelas KB bersama Ibu Rossa, sedangkan Andry, Russell, William, dan Afa mengajar di kelas TK-B bersama Ibu Narti.
Lalu kami mulai memasuki kelas masing dan disambut oleh wali kelas. Wali kelas memperkenalkan kami dengan anak - anak dan baik di kelas KB maupun TK-B anak - anak sangat antusias menyambut kami. kami mulai memperkenalkan diri kami dan berkenalan dengan murid - murid di kelas.
Saat berkenalan engan anak - anak, kami melihat ada bermacam - macam karakter yang dimiliki anak - anak mulai dari yang aktif, pemalu, ceria, pemurung, pendiam, dan lain - lain. Karakter mereka sangat beragam dan kami harus memikirkan metode pengajaran yang tepat.
Topik pertama kami adalah Buah - buahan. Kami memulai dengan mengenalkan anak- anak dengan buah - buahan menggunakan gambar buah - buahan yang telah kami persiapkan sebelumnya. Ternyata, hampir sebagian anak di kelas sudah mengerti dengan buah - buahan bahkan ada yang sudah tau dengan Bahasa Inggrisnya, hanya saja, mereka masih agak malu untuk menjawab atau maju ke depan untuk menunjukan buah.
Kami ikut mendampingi mereka dan menyemangati mereka agar mereka bernai untuk maju ke depan untuk menyebut buah yang disebut akhirnya mereka semua cukup percaya diri untuk menunjukan buah di depan kelas.
Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan mewarnai buah apel. Kami membagi gambar apel yang masih kosong kepada anak - anak di kelas untuk diwarnai. Beberapa anak ada yang sudah bisa mewarnai sendiri, namun beberapa ada juga yang belum bisa. kami ikut mendampingi dan membantu mereka yang masih kesulitan dengan mewarnai agar tidak keluar garis.
Setelah selesai semua, hasil karya anak - anak dipajang di depan papan tulis dan diberi nilai. Hasilnya cukup beragam dan ternyata anak - anak cukup kreatif dalam mewarna. Karena hal ini ditujukan untuk mengembangkan kreatifitas anak - anak.
Setelah itu selesailah kegiatan mengajar kami dan kami pamit dengan anak - anak serta wali kelas. Kemudian kami membahas tentang topik untuk pertemuan selanjutnya dengan wali kelas dan akhirnya disepakati topik untuk pertemuan selanjutnya adalah binatang.
Kemudian kami ijin pamit dengan wali kelas dan kepala sekolah. demikianlah pertemuan kedua kami.
berikut foto - foto pada pertemuan kedua di TK Tarsisius:
Kami berkumpul di Binus Anggrek pada pukul 07.30 untuk persiapan. Pertama kami melakukan pembagian kelompok kecil untuk mengajar di kelas TK-B dan kelas KB setelah itu kami berangkat menuju TK Tarsisius 2. Sesampainya di TK Tarsisius 2, kami langsung menuju kelas berdasarkan kelompok kecil beranggotakan 4 orang yang telah kita bagi. Braja, Ridwan, Riko, dan raffi mengajar di kelas KB bersama Ibu Rossa, sedangkan Andry, Russell, William, dan Afa mengajar di kelas TK-B bersama Ibu Narti.
Lalu kami mulai memasuki kelas masing dan disambut oleh wali kelas. Wali kelas memperkenalkan kami dengan anak - anak dan baik di kelas KB maupun TK-B anak - anak sangat antusias menyambut kami. kami mulai memperkenalkan diri kami dan berkenalan dengan murid - murid di kelas.
Saat berkenalan engan anak - anak, kami melihat ada bermacam - macam karakter yang dimiliki anak - anak mulai dari yang aktif, pemalu, ceria, pemurung, pendiam, dan lain - lain. Karakter mereka sangat beragam dan kami harus memikirkan metode pengajaran yang tepat.
Topik pertama kami adalah Buah - buahan. Kami memulai dengan mengenalkan anak- anak dengan buah - buahan menggunakan gambar buah - buahan yang telah kami persiapkan sebelumnya. Ternyata, hampir sebagian anak di kelas sudah mengerti dengan buah - buahan bahkan ada yang sudah tau dengan Bahasa Inggrisnya, hanya saja, mereka masih agak malu untuk menjawab atau maju ke depan untuk menunjukan buah.
Kami ikut mendampingi mereka dan menyemangati mereka agar mereka bernai untuk maju ke depan untuk menyebut buah yang disebut akhirnya mereka semua cukup percaya diri untuk menunjukan buah di depan kelas.
Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan mewarnai buah apel. Kami membagi gambar apel yang masih kosong kepada anak - anak di kelas untuk diwarnai. Beberapa anak ada yang sudah bisa mewarnai sendiri, namun beberapa ada juga yang belum bisa. kami ikut mendampingi dan membantu mereka yang masih kesulitan dengan mewarnai agar tidak keluar garis.
Setelah selesai semua, hasil karya anak - anak dipajang di depan papan tulis dan diberi nilai. Hasilnya cukup beragam dan ternyata anak - anak cukup kreatif dalam mewarna. Karena hal ini ditujukan untuk mengembangkan kreatifitas anak - anak.
Setelah itu selesailah kegiatan mengajar kami dan kami pamit dengan anak - anak serta wali kelas. Kemudian kami membahas tentang topik untuk pertemuan selanjutnya dengan wali kelas dan akhirnya disepakati topik untuk pertemuan selanjutnya adalah binatang.
Kemudian kami ijin pamit dengan wali kelas dan kepala sekolah. demikianlah pertemuan kedua kami.
berikut foto - foto pada pertemuan kedua di TK Tarsisius:
Kegiatan mengajar di kelas TK-B
Kegiatan mengajar di kelas TK-B
Kegiatan mengajar di kelas TK-B
Kondisi kelas di kelas TK-B
Kegiatan mengajar di kelas TK-B
Kegiatan mengajar di kelas TK-B
Kegiatan mengajar di kelas TK-B
Kegiatan mengajar di kelas TK-B
Kegiatan mengajar di kelas KB
Kegiatan mengajar di kelas KB
Berkenalan dengan murid - murid kelas KB
Berkenalan dengan murid - murid kelas KB
Kegiatan mengajar di kelas KB
Kegiatan mengajar di kelas KB
Anak - anak di Kelas KB
Anak - anak di Kelas KB
Kegiatan mengajar di kelas KB
Kegiatan mengajar di kelas KB
Kegiatan mengajar di kelas KB
Hasil karya nak - anak kelas KB
Kegiatan Mengajar di kelas TK-B
Demonstrasi Oleh kelompok kami
Hasil Mewarnai
Komentar
Posting Komentar